Bingung Mau Beli Laptop atau Desktop Personal Computer? "Cari Solusinya Disini"


Pernahkah anda mendengar atau melihat teman anda yang bingung memilih membeli Laptop/Notebook atau membeli Desktop Computer?, atau mungkin anda sendiri pernah mengalami hal tersebut?

Banyak saya temui kasus seperti diatas dalam kehidupan sehari-hari saya, hal ini mungkin disebabkan karena kurang fahamnya masyarakat tentang kegunaan dari masing-masing komputer ini. Sebagian orang lebih memilih Laptop yang bersifat mobile atau bisa dibawa kemana-mana dan lebih praktis dalam penggunaannya dibandingkan Desktop Computer, sedangkan sebagian orang lebih memilih menggunakan Desktop Computer agar memiliki komputer berspesifikasi mutakhir dengan harga yang lebih murah dibandingkan Laptop.

Dalam hal ini, baik Laptop maupun Desktop Computer memiliki keunggulan dan kelemahan masing2 yang berbeda walaupun bentuknya sama-sama komputer.

1. LAPTOP
*KEUNGGULAN LAPTOP
Jika kita berbicara tentang Laptop, tentu hal yang menguntungkan dari laptop adalah bersifat Mobile atau bisa dibawa kemana-mana, dengan desain yang simple dan tidak perlu banyak kabel untuk menghidupkannya, sehingga bagi anda baik para mahasiswa maupun anda yang sudah bekerja dan selalu berpergian dalam bekerja lebih bijak untuk memilih Computer yang bersifat mobile seperti Laptop, Notebook & Netbook.

*KELEMAHAN LAPTOP
Spesifikasi semakin besar dan canggih, semakin mahal pula harga laptop tersebut. Untuk notebook yang berukuran kecil dengan spesifikasi Intel Atom anda harus mengeluarkan budget sekitar 2-4 Juta Rupiah, sedangkan untuk memiliki Laptop dengan Spesifikasi seperti Core i3, Core i5, hingga Core i7 anda harus menguras budget lebih dari 4-10 Juta Rupiah bahkan lebih.

Lalu untuk Laptop/Netbook apabila anda beli dalam keadaan core i3 atau core i7 dan sebagainya, maka selamanya akan tetap menjadi seperti itu atau bisa dikatakan tidak dapat di upgrade spesifikasinya. Walaupun bisa mungkin hanya RAM nya saja yang bisa anda Upgrade, sedangkan komponen lainnya seperti VGA, Processor, dll tidak dapat anda ganti dan ubah.
Jadi, ketika nanti keluar Laptop dan software yang lebih canggih, anda harus membeli Laptop baru untuk bisa memiliki teknologi terbaru tersebut.

Contoh kasus : di tahun 2008 anda membeli Laptop Pentium 4, windows XP, Office 2007 dengan spesifikasi yang saat itu mungkin sangat canggih dengan harga yang cukup mahal. Beberapa tahun berlalu, di tahun 2012 muncul Laptop Core i3 Windows 7, Office 2010. Anda tidak bisa menggunakan Windows 7 dan office 2010 di Laptop lama anda, karena spesifikasi laptop yang kurang mendukung.

2. DESKTOP COMPUTER
*KEUNGGULAN DESKTOP COMPUTER
Kebanyakan pengguna Desktop Personal Computer adalah kalangan yang mengerti tentang komputer. Desktop Computer memberikan kesempatan bagi anda yang ingin tahu dan lebih faham tentang komputer, dalam kata lain Desktop Computer bisa anda bongkar-pasang, anda upgrade sesuai dengan perkembangan teknologi. Bahkan anda pun bisa merakit sendiri sebuah Desktop Personal Computer tersebut dengan spesifikasi yang sesuai dengan kemauan anda.
Contoh kasus : Jika anda memiliki Desktop Personal Computer dengan spesifikasi pentium 4 di tahun 2008. Beberapa tahun berlalu,keluar core i3 hingga core i7, ANDA BISA UPGRADE KOMPUTER ANDA .

Dalam hal keuangan, dengan budget 3 Juta Rupiah saja, anda bisa memiliki komputer yang spesifikasinya sama dengan Laptop seharga 6 Juta Rupiah. dan bisa terus kalian upgrade se canggih mungkin.

*KELEMAHAN DESKTOP COMPUTER
"Tidak bisa dibawa kemana-mana"


Selanjutnya bisa anda tarik kesimpulan sendiri, mana yang lebih cocok untuk anda,.
Demikian Artikel ini, Semoga bermanfaat & Salam Rantai Teknologi.

Bingung Mau Beli Laptop atau Desktop Personal Computer? "Cari Solusinya Disini" Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comment:

Fajar Yuga said...

sedikit tercerahkan, terimakasih untuk artikelnya

Post a Comment