5 Penyebab Komputer Lambat dan Cara Mengatasinya

Pernahkah anda merasa kesal saat menggunakan komputer karena kinerjanya sangat lambat?. Saat ingin mengerjakan sesuatu di komputer tiba-tiba komputer hang dan apa yang anda kerjakan hilang, sehingga mengharuskan anda untuk mengulangnya dari awal.
Kali ini Rantai Teknologi akan membagikan informasi tentang 5 Penyebab Komputer Lambat dan Cara Mengatasinya

Berikut 5 Penyebab Komputer Lambat dan Cara Mengatasinya

1. Terlalu banyaknya program yang terinstall.
Sering sekali saya menemukan kasus komputer yang di-install bermacam-macam program didalamnya, padahal aplikasi tersebut tidak pernah digunakan.

Solusi : Periksa program apa saja yang terinstall dikomputer dengan cara klik Add/Remove Program di Control Panel dan un-install program-program atau aplikasi yang tidak dibutuhkan.

2. Terlalu banyak startup programs dan service yang berjalan.
Semakin banyak program yang terinstall, semakin banyak pula program dan service yang dijalankan ketika windows startup.

Solusi : Nonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuk ke "System Configuration Utility" dengan cara ketik: msconfig pada menu run, kemudian pada tab service dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.


3. Komputer lambat karena Temporary File yang sudah membengkak
Penyebab komputer lambat yang ke empat adalah sudah membengkaknya file-file temporary (sementara). Untuk Windows Xp lokasi file tersebut ada di:"C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp" dan"C:\WINDOWS\Temp".

Solusi : Untuk membersihkannya, delete-lah file-file yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara klik start-run, ketik: "cleanmgr" lalu pilih drive yang akan di-cleanup.

4. Komputer lambat karena terlalu banyak program yang berfungsi sebagai "security program"
Security program seperti program antivirus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada komputer, tetapi janganlah terlalu berlebihan misalnya dengan menginstall 2-3 program antivirus sekaligus.

Solusi : Untuk masalah security windows, yang terpenting adalah lakukan update, aktifkan firewall dan gunakan antivirus yang tidak membebani komputer seperti misalnya PCMAV Antivirus serta berhati-hatilah ketika menggunakan USB Flashdisk / Memory Card.

5. Komputer lambat karena adanya virus, malware atau spyware pada komputer.
Apabila komputer kita sudah terlebih dahulu terserang virus atau malware, maka sebaiknya jalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas system restore dan gunakanlah program Virus Cleaner seperti misalnya Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan lakukan pula update pada sistem operasi.

Demikian sedikit informasi seputar 5 Penyebab Komputer Lambat dan Cara Mengatasinya.
Semoga bermanfaat & Salam Rantai Teknologi.
5 Penyebab Komputer Lambat dan Cara Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

No comments:

Post a Comment